Rabu, 05 Oktober 2022

MATERI AJAR KELAS 5C, TEMA 3

 

Materi Ajar Kelas 5C, Rabu 05 September 2022

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                           :  Makanan Sehat (Tema 3)

Sub Tema                    :  Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat ( Sub Tema 3)

Pembelajaran ke         :  5

Alokasi waktu              :  1 Hari

 

Pendahuluan ( 10 Menit )

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak-anak yang sholeh dan sholehah, apa kabar nya hari ini ?

Semoga selalu baik dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala

Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.

Anak anak yang sholeh dan sholehah, masih ingatkah materi yang telah kita pelajari kemarin ?

iya benar ! kemarin kita telah mempelajari tentang: 

1. macam-macam penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia.

2. motif batik.


A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan melakukan survei, siswa mengidentifikasikan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia.
  2. Dengan mempresentasikan hasil survei, siswa menjelaskan berbagai penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia.
  3. Dengan berlatih memeragakan iklan yang dibuatnya, siswa menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan iklan elektronik.
  4. Dengan berkreasi merancang motif batik, siswa mengidentifikasi bahan dan alat serta membuat rancangan karya seni rupa.

 

Kegiatan Inti (45 menit)

Pembelajaran 5

Kerja sama anggota tubuh penting untuk mendukung fungsi organ tubuh itu sendiri. Kerja sama juga dapat kita temui saat kita bermain bersama atau saat bekerja kelompok. Untuk tugas berikutnya, kamu diharapkan dapat bekerja sama dengan kelompokmu. Nantinya kamu bisa bekerja sama juga dengan kelompok lainnya di kelasmu.

Dalam tugas kelompok ini, kamu dan kelompokmu akan melakukan survei lapangan di sekitar sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan saksama.

1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dahulu pada saat kamu membuat poster sistem pencernaan beserta fungsinya.

2. Ketua kelompok diharapkan dapat mengatur cara kerja anggotanya dengan baik, pastikan semua mendapatkan porsi kerjanya masing-masing.

3. Satu kelompok harus dapat menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden sebagai berikut:

·         Apakah sebatas siswa-siswi dari sekolah?

·         Apakah hanya menyurvei orang-orang dewasa di sekolah?

·         Apakah juga melibatkan orang-orang dewasa di sekitar sekolah?

·         Apakah melibatkan keluarga-keluarga yang tinggal di sekitar sekolah? Atau di sekitar tempat tinggal kamu?

·         Apakah akan menyurvei aparat pemerintahan daerah setempat?

·         Apakah akan menyurvei puskesmas terdekat?


4. Setelah menentukan responden, buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang akan kamu tanyakan. Pastikan setiap anggota memiliki kertas kerja tersebut.

5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei sebagai berikut.

·         Jenis gangguan sistem pencernaan yang pernah di alami responden.

·         Tindakan yang diambil pada saat responden mengalami gangguan tersebut.

·         Seberapa parahkah gangguan yang dialami responden?

·         Apa penyebab gangguan sistem pencernaan yang dialami responden?

·         Sedalam apakah tingkat kesadaran responden akan pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaannya?

·         Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut?

·         Tindakan apa yang diambil oleh responden agar tidak terserang gangguan tersebut kembali?


6. Sebelum kelompok kamu melakukan survei tersebut, sebaiknya kamu secara berkelompok:

·         Mengulas kembali organ-organ dalam sistem pencernaan

·         Fungsi dari tiap-tiap organ


Setelah selesai mewawancarai para responden, kembalilah ke kelas dan lakukan diskusi kelompok. Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster. Dengan supervisi guru, lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah pendapat dari kelompok lain.

Indonesia mempunyai beberapa motif yang terkait dengan budaya setempat. Beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya motif-motif batik antara lain adalah letak geografis, misalnya di daerah pesisir akan menghasilkan batik dengan motif yang berhubungan dengan laut, begitu pula dengan yang tinggal di pegunungan akan terinspirasi oleh alam sekitarnya; sifat dan tata penghidupan daerah; kepercayaan dan adat di suatu daerah; serta keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna.

 

 

 

 


Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?

Semoga selalu semangat ya.

Jangan lupa untuk selalu sholat lima waktu 

Ibu guru akhiri, wassalamualaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KELAS 5

  Hari : Jumat, 26 Mei 2023, (PENGAYAAN)  Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran...