Rabu, 26 Oktober 2022

MATERI KELAS 5 TEMA 4, SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

 

Materi Ajar Kelas 5C, Rabu 26 Oktober 2022

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester         :  5 /1

Tema                           :  Sehat Itu Penting (Tema 4)  

Sub Tema                    :  Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu          :  PPKN (3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (3.6, 4.6), IPS (3.2, 4.2)

Pembelajaran ke         :  3

Alokasi waktu              :  1 Hari

 

Pendahuluan ( 10 Menit )

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

 

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

 

A.   TUJUAN

  1. Dengan kegiatan mengidentifikasi pantun dan membuat pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun dan ciri-ciri pantun secara tepat.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan.
  3. Dengan kegiatan mengamati masyarakat sekitar, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya dan siswa dapat membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia secara teperinci.
  4. Dengan kegiatan mengungkapkan pendapat mengenai peran serta dalam pemilihan RW, siswa dapat menyebutkan tanggung jawab sebagai masyarakat dengan benar.
  5. Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara rinci.

 

Kegiatan Inti (45 menit)

Pembelajaran 3

Ayo Membaca!
Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap baitnya terdiri atas empat baris. Berikut merupakan ciri-ciri pantun.

1.    Pantun bersajak a–b–a–b.

2.    Satu bait terdiri atas empat baris.

3.    Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

4.    Dua baris pertama adalah sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi pantun.

Perhatikan pantun berikut!

Saat malas dan tak bertenaga

Jangan diam seperti pagar

Sebaiknya lakukan olahraga

Agar peredaran darah menjadi lancar

Ayo Berlatih!

1. Jelaskan ciri-ciri pantun di atas!

·         Baris 1 bersajak a (saat malas dan tak bertenaga) memiliki 9 suku kata.

·         Baris 2 bersajak r (jangan diam seperti pagar) memiliki 9 suku kata

·         Baris 3 bersajak a (sebaiknya lakukan olahraga) memiliki 11 suku kata

·         Baris 4 bersajak g (agar peredaran darah menjadi lancar) memiliki 13 suku kata.

2. Identifikasilah sampiran dan isi pantun di atas?

Saat malas dan tak bertenaga (sampiran)

Jangan diam seperti pagar (sampiran)

Sebaiknya lakukan olahraga (isi)

Agar peredaran darah menjadi lancar (isi)

3. Apa amanat pantun di atas?

Berolahraga merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan dan peredaran darah menjadi lancar.


Ayo Berlatih!
1. Identifikasilah interaksi manusia dan lingkungan pada bacaan di atas!
Jawab:
Pak Damar memanfaatkan kayu untuk memproduksi sandal refleksi. Beliau juga memberdayakan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerjanya.

2. Bagaimana pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan di atas? Jelaskan!
Jawab:
Pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan.

·         Pemanfaatan hasil sebagai sumber daya alam untuk kebutuhan manusia.

·         Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

·         Terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

3. Apa manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya? Jelaskan!

Jawab:

Manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya.

·         Meningkatkan taraf hidup masyarakat.

·         Membuka lapangan pekerjaan baru.

·         Memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sandal refleksi buatan Pak Damar.

4. Apa yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya? Jelaskan!

Jawab:

Usaha yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya. Pak Damar menyarankankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi pada lahan yang telah ia tebangi.

5. Apakah terdapat hubungan ketergantungan dalam bacaan di atas?

Jawab:

Hubungan ketergantungan dalam bacaan

·         Pak Damar membutuhkan pasokan kayu dari pemasok kayu untuk memproduksi sandal refleksi. Pemasok kayu membutuhkan Pak Damar untuk membeli kayunya. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.

·         Pak Damar membutuhkan masyarakat disekitanya sebagai tenaga kerja untuk membuat sandal refleksi. Masyarakat disekitarnya membutuhkan pekerjaan dari Pak Damar. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.

Sore itu, dusun tempat Dayu tinggal akan mengadakan pemilihan ketua RW. Sebelum acara dimulai, Dayu membantu untuk mempersiapkan tempat pemilihan. Dayu membantu memberi alas di setiap meja. Dayu menyapu lantai ruangan tempat pemilihan. Dayu juga membantu mempersiapkan makanan dan minuman untuk panitia pemilihan.

 


Ayo Menulis!
Apa yang akan kamu lakukan jika di lingkunganmu akan mengadakan pemilihan RW?
Peran serta dalam pemilihan RW

1.    Turut serta dalam gotong royong menyiapkan tempat pemungutan suara.

2.    Mengamati jalannya pemilihan ketua RW.

3.    Membantu para ibu menyiapkan makanan.

Ketua RW dipilih oleh seluruh masyarakat pada lingkungan terkait yang sudah mendapatkan hak pilih. Pemilihan ketua RW dilakukan dibalai warga. Dayu mengamati jalannya pemilihan ketua RW. Dayu menulis laporan singkat mengenai pemilihan ketua RW. Berikut laporan singkat dibuat oleh Dayu.


Sebagai warga masyarakat, kita bertanggung jawab untuk mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan. Baik dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, maupun kepala desa, kita harus mengamati. Selain itu, masyarakat juga dapat mengamati berbagai keputusan yang dikeluarkan oleh ketua RT, ketua RW, dan kepala Desa. Pengambilan keputusan bersama dapat dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Namun demikian, apabila tidak mencapai mufakat dapat dilakukan voting.

Penutup ( 15 Menit )

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.

Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini dengan menjawab soal berikut ini :

 

Mengerjakan latihan pada buku bupena halaman 47-48 dibuku tulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KELAS 5

  Hari : Jumat, 26 Mei 2023, (PENGAYAAN)  Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran...