Materi Ajar kelas 5C, Rabu 09 November 2022
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR I
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem ( Tema 5)
Sub Tema : Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem(Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : IPA (3.5, 4.5), Bahasa Indonesia (3.7, 4.7)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
Pendahuluan ( 10 Menit )
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
A. TUJUAN
1. Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan dengan tepat.
2. Dengan menyimak keterangan tentang rantai makanan, siswa mampu membuat gambar rantai makanan pada ekosistem lengkap dengan keterangannya dengan cermat.
Kegiatan inti (45 menit)
TEMA 5: EKOSISTEM
SUB 2 : Hubungan Antar Mahluk Hidup Dalam Ekosistem
Pembelajaran 1
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup.Perhatikan gambar berikut.
Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang.Setelah beberapa waktu, burung elang mati.Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus.Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Urutan
peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan
lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen
tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan
tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen
harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu
lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Ada
satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu
pengurai.Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat
yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.
Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh
pengurai adalah bakteri dan jamur.
Ayo Mencoba
Setiap
bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok
pikiran.Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan
mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam
bacaan.Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat
di setiap paragraf.
Paragraf | Pokok Pikiran |
1 | Rantai makanan di sawah |
2 | Fitoplankton produsen makanan |
3 | Urutan peristiwa memakan dan dimakan |
4 | Peran pengurai dalam rantai makanan |
Matematika
Rumus Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan
Perkalian Sesama Bilangan Pecahan
Untuk mengalikan bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa, caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengalikan pembilang dengan pembilang lalu mengalikan penyebut dengan penyebut.Perhatikan contoh berikut :
Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Bulat
Dalam menyelesaikan perkalian pecahan biasa dengan bilangan bulat, kalian cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat tersebut, kemudian dibagi dengan penyebut.Contoh :
Pembagian Bilangan Pecahan Biasa
Dalam menyelesaikan operasi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa caranya cukup sederhana, yaitu dengan membalik pembilang dan penyebut dari salah satu bilangan pecahan tersebut, kemudian kedua bilangan pecahan tersebut dikalikan.Perhatikan contoh berikut ini :
Penutup ( 15 Menit )
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.
Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini dengan menjawab soal berikut ini :
1.Hasil dari perkalian pecahan 2/5 x 3/15..
a.4/75
b.5/75
c.6/75
d.7/75
2.Hasil dari 3/7 x 4/5 x 2/6 adalah….
a.21/210
b.22/210
c.23/210
d.24/210
3.Tentukan hasil kali dari 4/5 x 12/5 x 12/7
4.Tentukan hasil dari pembagian 7/15 dibagi dengan 4/6
5.Tentukan hasil dari pembagian dari 215/5 : 7/9 : 3/13 adalah…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar