SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas : 5C
Tema 6 :Panas dan perpindahannya
Subtema 1 : Suhu dan kalor
Pembelajaran ke 1
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2. Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3. Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
4. Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.
Assalamualaikum anak Soleh dan Soleha semoga setelah liburan ini ananda semuanya menjadi semangat kembali dalam menuntut ilmu.
Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.
Mari kita melaksanakan pembelajaran hari ini dengan membaca Doa.
Materi
Perhatikanlah gambar-gambar peristiwa di bawah! Gambar kegiatan manakah yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu? Apakah persamaan semua gambar tersebut? Ya, semua gambar di atas berhubungan dengan kalor atau energi panas. Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut? Ya, ada api dan matahari. Bagaimana dengan tubuh manusia? Apakah tubuh manusia mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur energi panas?
Mengapa baju yang basah apabila dijemur dibawah sinar matahari bisa kering? Apa yang terjadi pada air di dalam panci tersebut? Apakah kamu pernah melihat peristiwa-peristiwa seperti dalam gambar? Sumber panas apa saja yang dapat kamu temukan dalam gambar?
Ayo Membaca
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
Matahari dan api adalah sumber energi panas
3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia, seperti mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.
4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!
Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.
5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
Nenek moyang kita menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.
6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Api dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.
Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf. Perhatikan contoh!
No. | Paragraf | Kata Kunci |
---|
1 | Paragraf 1 | sumber energi panas |
2 | Paragraf 2 | kegunaan matahari |
3 | Paragraf 3 | cara menghasilkan energi panas |
4 | Paragraf 4 | asal mula api |
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Kesimpulan:
Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.
Din, saya pernah melihat gambar di buku tentang bagaimana orang--orang dahulu menggunakan dua buah batu untuk menghasilkan api. Kelihatannya sulit sekali untuk mendapatkan api, ya!
Saya juga pernah melihatnya, Siti! Tapi aku melihatnya di sebuah majalah anak-anak. Beruntung kita dapat membaca, ya Siti! Ada banyak media cetak yang berisi informasi penting yang dapat menambah pengetahuan kita!
Ayo Mengamati
Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kamu gunakan? Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.
Kegiatan | Alat Yang Digunakan | Sumber Energi Panas yang Digunakan |
---|
Menanak Nasi | Panci dan kompor | Api dari kompor |
Alat penanak nasi elektrik | Listrik |
Memperbaiki alat elektronik | Solder listrik | Listrik |
Solder uap | Listrik |
Menyetrika baju | Setrika listrik | Listrik |
Setrika arang | Api |
Memasak Air | Panci dan kompor | Api dari kompor |
Ketel listrik | Listrik |
Ayo Berdiskusi
Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu. Amatilah kesamaan dan perbedaan hasil pengamatanmu. Catatlah pertanyaan yang muncul sehubungan dengan kegiatan tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini. Salinlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil dan tempelkan di papan tulis menggunakan selotip. Amati dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh teman-temanmu.
Amati tabel yang telah kamu buat di atas, kelompokkan kegiatan yang menggunakan sumber energi panas yang berasal dari listrik dan yang berasal dari sumber energi selain listrik. Sumber energi manakah yang paling sering kamu gunakan? Dapatkah kamu menjelaskan alasannya?
Sumber energi yang paling sering digunakan adalah energi listrik. Listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena lebih praktis,
Ayo Mencoba
Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.
Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.
Langkah-langkah:
- Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
- Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
- Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
- Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
Perhatikanlah gambar berikut ini!
1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?
Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama
2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
Es batu yang mencair terlebih dahulu adalah es batu yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!
Matahari sebagai sumber panas dapat menyebabkan perubahan es berubah menjadi air. Ketika es berubah menjadi air (mencair) membutuhkan panas
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!
Sumber energi panas dapat menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air)
Ayo Renungkan
Apa saja hal menarik yang kamu dapatkan pada kegiatan pembelajaran hari ini? Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? Sebutkan! 3. Apa saja tantangan yang kamu hadapi pada masing-masing kegiatan? Bagaimana caramu untuk mengatasinya?
Hal yang menarik adalah membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks. Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar