Materi Ajar Kelas 5
Hari/tanggal : Rabu, 13 Januari 2023
Kelas : VC
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita
Pembelajaran : 3
1. Dengan menemukan pokok pikiran bacaan, siswa mampu menjelaskan isiteks penjelasan dari media cetak secara benar.
2. Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasiaktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan ekonomi, sosialbudaya Indonesia secara rinci.
3. Dengan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan jenis-jenis hak, kewajiban,dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara jelas.
Ayo Mengamati
Ayo Membaca
- Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran seperti contoh di atas ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
- Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
- Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kamu siapkan.
- Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.
- Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
- Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.
- Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
- Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya.
- Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
- Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.
- Buatlah dua pertanyaan berdasarkan bacaan.
- Tuliskanlah pertanyaanmu di selembar kertas kecil. Tuliskan nama dan pertanyaanmu dengan jelas dan menggunakan kalimat tanya yang benar.
- Gulunglah kertas pertanyaanmu lalu masukkan ke dalam sebuah wadah.
- Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam wadah.
- Setelah semuanya mendapatkan sebuah gulungan kertas, bukalah lembar pertanyaan secara bersamaan.
- Lalu tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.
- Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.
- Lihatlah kembali pertanyaan yang telah kamu buat, dan jawaban dari teman-temanmu. Lakukanlah diskusi dengan teman yang menjawab pertanyaanmu untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap.
- Di mana letak desa Lamalera? (Desa lamalera terletak di Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur)
- Apa ladang kehidupan masyarakat desa Lamalera ?(Laut)
- Apa tradisi unik masyarakat desa Lamalera? (Berburu paus)
- Paus jenis apa yang diburu masyarakat desa Lamalera ? (Paus yang sudah tua)
- Berapa jumlah paus yang boleh diburu oleh masyarakat desa Lamalera selama setahun?(Tidak boleh lebih dari 15 ekor paus)
- Di mana tempat warga Lamalera melakukan pemantauan ikan paus?(Bibir pantai)
- Apa teriakan yang diucapkan nelayan Lamalera saat melihat paus? (“baleo”)
- Digunakan untuk apa daging dan minyak paus hasil tangkapan tersebut? (dibagi ke seluruh warga desa)
- Siapa yang diutamakan dalam pembagian hasil tangkapan tersebut (bagi janda dan yatim piatu).
- Apa nama pasar tempat masyarakat Lamalera melakukan barter? (Pasar Wulandoni)
Penangkapan ikan dimulai dengan berkumpulnya para pemuka adat bersama perwakilan pemerintah setempat. Mereka bermusyawarah untuk menentukan tanggal yang tepat untuk melakukan ritual mane’e. Selanjutnya, para pemuka adat ini akan memanjatkan doa-doa dalam bahasa adat kuno. Sementara, masyarakat lainnya mengumpulkan tali dan janur (daun kelapa yang masih muda) untuk dibuat jarring yang disebut dengan sammy.
1. Apa tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?
Festival Mane’e bertujuan agar nelayan mendapat tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya.
Yang berperan dalam upacara tersebut adalah pemuka adat beserta masyarakat setempat.
Sangat bermanfaat dengan kegiatan tersebut, dengan begitu masyarakat setempat dapat memperoleh tangkapan ikan secara lebih mudah dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak.
4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?
Hal yang menarik adalah masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan.
Tradisi sedekah laut bagi nelayan Kab.Cilacap pada dasarnya sebagai ungkapan rasa sukur pada Tuhan YME dari para nelayan Cilacap karena telah diberinya limpahan rezeki serta usaha pelestarian warisan budaya Cilacap untuk promosi wisata.
- Bekerjalah bersama dengan temanmu yang tinggal di daerah yang sama atau berdekatan.
- Amatilah kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu.
- Identifikasi kegiatan masyarakat untuk membangun ekonominya, misalnya ada yang berdagang, bertani atau menangkap ikan.
- Identifikasi kegiatan kemasyarakatan yang terjadi di daerah tempat tinggalmu. Misalnya, kegiatan bersama yang dilakukan anggota masyarakat.
- Tuliskanlah hasil pengamatanmu ke dalam bentuk laporan singkat dengan menggunakan format “Laporan Hasil Pengamatan” seperti contoh di bawah ini!
Laporan Hasil Pengamatan | |
---|---|
Tempat pengamatan | Desa Lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas |
Hal yang diamati | Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya Masyarakat pedesaan hidup saling tolong-menolong, gotong-royong, dan mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan permasalahan. Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian Daerah pedesaan sangat cocok untuk pertanian sehingga sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani. Ada juga yang berdagang menjual hasil pertanian ke pasar. |
Kita harus berinteraksi dengan lingkungan di sekitar kita dengan baik.
Ayo Membaca
- Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).
- Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).
- Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).
- Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya (Pasal 28).
- Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).
- Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1).
- Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
- Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) (Pasal 23A).
- Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya (Pasal 27 ayat 1).
- Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
- Setiap warga negara wajib untuk menghormati hak asasi orang lain dan menjunjung tinggi moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum.
- Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.
- Setiap warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar yang sepenuhnya dibiayai oleh Negara.
Warga Negara | Hak | Kewajiban |
---|---|---|
Nelayan Lamalera atau Nelayan Pantai Malo | Memperoleh ikan sebagai bahan makanan | Menjaga kelestarian laut sebagai habitat ikan |
Petani | Memperoleh informasi tentang pertanian dan tersedianya pupuk dan obat-obatan | Mencegah, menanggulangi, dan memulihkan kerusakan lahan pertanian. |
Pelajar | Memperoleh pendidikan dan pengajaran yang baik | Rajin belajar dan mematuhi semua peraturan yang ada di sekolah |
Kesimpulan:
Hak dan kewajiban tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain karena keduanya sama - sama harus dijalankan sekaligus didapatkan.
Ayo Mencoba
- Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada hari ini?
- Apa saja tantangan yang kamu hadapi untuk melakukan kewajibanmu sebagai seorang pelajar? Bagaimanakah caramu untuk mengatasinya?
MATEMATIKA
1. LIMAS SEGIEMPAT
2. PRISMA SEGITIGA
Latihan
1.Gambarkan bangun ruang LIMAS SEGI EMPAT !
2.Sebutrkan jumalah rusuk,sisi,titik sudut, diagonal sisi/bidang Limas segi empat!
3. Gambarkan bangun ruang PRISMA SEGI TIGA !
4.Sebutrkan jumalah rusuk,sisi,titik sudut, diagonal sisi/bidang PRISMA SEGI TIGA!
5. Gambarkan bangun ruang LIMAS SEGI TIGA !
6.Sebutrkan jumalah rusuk,sisi,titik sudut, diagonal sisi/bidang LIMAS SEGI TIGA !
7. Gambarkan bangun ruang TABUNG !
8.Sebutrkan jumalah rusuk,sisi,titik sudut, diagonal sisi/bidang TABUNG !
9. Gambarkan bangun ruang KERUCUT !
10.Sebutrkan jumalah rusuk,sisi,titik sudut, diagonal sisi/bidang KERUCUT !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar