SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas : 5C
Tema 6 :Panas dan perpindahannya
Subtema 1 : Suhu dan kalor
Pembelajaran ke 3 dan 4
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Dengan membuat kesimpulan dari bacaan Manusia dengan Lingkungan Alam, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.
2. Dengan mengisi diagram berdasarkan bacaan, siswa mampu menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.
3. Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
4.Dengan menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan jelas.
5. Dengan mengamati lingkungan sekitarnya dan melengkapi tabel, siswa mampu menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan secara tepat.
6.Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
7. Dengan membaca dan mempresentasikan isi bacaan, siswa mampu menjelaskan makna kewajiban secara percaya diri.
Assalamualaikum anak Soleh dan Soleha semoga setelah liburan ini ananda semuanya menjadi semangat kembali dalam menuntut ilmu.
Apakabar anak Soleh Soleha 🥰 semoga sehat semua ya.
Mari kita melaksanakan pembelajaran hari ini dengan membaca Doa.
Materi
Manusia dengan Lingkungan Alam
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
- Paragraf 1 : Makhluk hidup dan lingkungan alam
- Paragraf 2 : Hubungan benda mati dan makhluk hidup
- Paragraf 3 : Pengaruh makhluk hidup terhadap benda mati
- Paragraf 4 : Penyesuaian diri manusia terhadap lingkungan alam
- Paragraf 5 : Pemanfaatan alam oleh manusia
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Mengapa manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan?Mengapa manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan alam?
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu.
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
- Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
- Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
- Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
- Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.
- Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Paragraf | Pokok Pikiran | Informasi Penting |
---|---|---|
1 | Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan. | Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. |
2 | Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi | Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang |
3 | Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. | Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya |
4 | Hubungan antara manusia dan lingkungan alam | Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya |
5 | Pemanfaatkan alam oleh manusia | Untuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi |
Daerah saya termasuk daerah pegunungan
Daerah Tempat Tinggal | Pekerjaan Utama Penduduk |
---|---|
Pegunungan | Petani |
Dataran Tinggi | Petani |
Dataran Rendah | Petani |
Pantai | Nelayan |
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam | Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam |
---|---|
Bercocok tanam | Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan |
Menjadi nelayan | Mendapatkan berbagai jenis ikan |
Memelihara hewan ternak sapi | Mudah mendapatkan susu dan daging |
Melakukan penghijauan | Tersedianya sumber air bersih |
Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.
- mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh penilaian hasil belajarnya;
- menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.
Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
Beberapa contoh contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar yaitu Petani yang mengolah ladangnya, nelayan menangkap ikan di laut, dan orang-orang yang menebangi hutan,
Beberapa interaksi manusia dengan lingkungannya yang merugikan antara lain membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
Akibat negatif interaksi manusia terhadap lingkungannya adalah banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.
Judul : Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya | ||
---|---|---|
Paragraf 1 | Paragraf 2 | Paragraf 3 |
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam. | Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alam | Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan bencana. |
Kata Kunci | Kata Kunci | Kata Kunci |
Manusia | Interaksi | Interaksi |
Hidup | Manusia | Lingkungan |
Lingkungan Alam | Alam | Bencana |
Bentuk Kegiatan Interaksi | Pengaruh Negatif yang Terjadi | Usaha untuk Memperbaiki |
---|---|---|
Pertanian | Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah | Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan |
Perkebunan | Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan | Penggunaan musuh alami hama tanaman |
Peternakan | Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat. | Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan |
Perikanan | Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan | Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. |
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu. Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Mamtematikma
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah | Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah | |
---|---|---|
Mendapatkan pendidikan dan pengajaran. | Mengikuti seluruh kegiatan sekolah | |
Menggunakan fasilitas pembelajaran | Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah. | |
Memperoleh bimbingan dan konsultasi | Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah. | |
Hakmu sebagai Anak di Rumah | Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah | |
Hak Mendapatkan Kasih Sayang | Membantu Orang Tua | |
Hak Mendapatkan Perlindungan | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh | |
Hak Mendapatkan Kesehatan | Membereskan Kamarnya | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar