Hari/tanggal : Kamis, 6 April 2023
Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (Tema 9)
Sub Tema : Benda Tunggal dan Campuran (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA.
Pembelajaran ke : 1
Simak video berikut ini !!!
1. Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.
2. Dengan kegiatan mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat mengomunikasikan isi iklan, pengertian iklan, dan arti kata-kata dalam iklan dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal, siswa dapat menuliskan pengertian zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di lingkungan sekitar dengan benar.
Amatilah gambar berikut.
Setelah mengamati gambar dan pemaparannya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud dengan iklan?
2. Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut?
3. Adakah kata asing bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan
Perhatikan berbagai gambar benda yang termasuk dalam zat tunggal berikut.
Berdasarkan gambar-gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud zat tunggal?
2. Bawalah benda-benda di sekitarmu yang mengandung zat tunggal ke sekolah. Minimal tiga benda. Lakukan pengamatan terhadap benda yang kamu bawa. Apakah benda yang kamu bawa benar-benar termasuk zat tunggal? Tuliskan benda yang termasuk zat tunggal hasil pengamatan kamu dan teman- temanmu pada kolom berikut.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud zat campuran? Tuliskan dalam kolom berikut.
2. Apa saja benda di sekitarmu yang termasuk dalam zat campuran? Tuliskan minimal 5.
MATEMATIKA
PENYAJIAN DATA
untuk membaca data hanya diperlukan kemampuan untuk melihat serta memahami apa yang tertulis pada data yang disajikan dalam bentuk tabel tersebut dengan cara mendeskripsikan dalam tulisan.
1. Menafsirkan Data Dari Daftar
Menafsirkan data dari daftar dapat dilakukan terlebih dahulu dengan mengurutkan data dalam
daftar dari yang terkecil. Data di atas dapat diurutkan dari yang paling kecil (dalam cm) seperti berikut.
Beni menanyai semua teman-temannya satu kelas tentang tinggi badan masing-masing. Beni menuliskan di papan tulis. Beni menuliskan tinggi badan 30 siswa kelas V. Setelah Beni menuliskan tinggi badan semua teman-temannya diperoleh data sebagai berikut. (dalam satuan cm)
140 142 138 150 155 156
165 148 145 157 158 162
154 156 155 149 151 152
152 157 160 143 154 163
150 140 142 138 150 160
Data di atas dapat diurutkan dari yang paling kecil (dalam cm) seperti berikut.
138 138 140 140 142 142
143 145 148 149 150 150
150 151 152 152 154 154
155 155 156 156 157 157
158 160 160 162 163 165
Dari data di atas diperoleh tinggi badan tertinggi adalah 165 cm. Tinggi badan terendah adalah 138 cm.
Asyiknya Mencoba
Hasil nilai ulangan harian Matematika kelas V materi Pengumpulan Data adalah sebagai berikut.
80, 85, 70, 90, 75, 80, 75, 70, 90, 95, 95, 90, 65, 70, 95, 90, 80, 70, 75,
70, 65, 60 ,75, 85, 80, 65, 90, 75, 70, 65.
Pertanyaan
a. Dari data di atas tulislah dalam bukumu daftar nilai dengan susunan yang teratur dalam bentuk kolom dan baris!
65, 65, 70, 70, 70,
70, 70, 75, 75, 75,
75, 75, 75, 75, 75,
75, 80, 80, 80, 85,
85, 85, 85, 90, 90,
90, 90, 95, 95, 95
b. Carilah nilai yang paling tinggi dan nilai yang paling rendah!Nilai tertinggi 95, terendah 65.
Asyiknya Berlatih
Hasil nilai ulangan harian Matematika kelas V materi Penyajian Data adalah sebagai berikut.
90, 95, 75, 80, 75, 70, 75, 75, 90, 95, 80, 90, 65, 70, 75, 90, 85, 70, 85, 70, 85, 65 ,75, 75, 85, 75, 95, 70, 80, 75
Pertanyaan
a. Dari data di atas tulislah dalam bukumu dalam bentuk daftar nilai dengan susunan yang teratur dalam bentuk kolom dan baris!
65, 65, 70, 70, 70,
70, 70, 75, 75, 75,
75, 75, 75, 75, 75,
75, 80, 80, 80, 85,
85, 85, 85, 90, 90,
90, 90, 95, 95, 95
b. Carilah nilai yang paling tinggi dan nilai yang paling rendah!Nilai tertinggi 95, terendah 65
c. Urutkan dari yang terendah sampai yang paling tinggi!
Urutan data dari terendah adalah …
65, 65, 70, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 75, 80, 80, 80, 85, 85, 85, 85, 90, 90, 90, 90, 95, 95, 95.
2. Hasil penjualan barang-barang koperasi sekolah selama 6 hari adalah
Senin adalah Rp45.200,00
Selasa adalah Rp50.500,00
Rabu adalah Rp60.000,00
Kamis adalah Rp75.000,00
Jumat adalah Rp40.000,00
Sabtu adalah Rp65.500,00
Pertanyaan
a. Dari data di atas tulislah dalam bukumu dalam bentuk daftar nilai dengan susunan yang teratur dalam bentuk kolom dan baris!
Senin adalah Rp 45.200,00
Selasa adalah Rp 50.500,00
Rabu adalah Rp 60.000,00
Kamis adalah Rp 75.000,00
Jumat adalah Rp 40.000,00
Sabtu adalah Rp 65.500,00
b. Carilah nilai yang paling tinggi dan nilai yang paling rendah!Hasil terendah adalah Rp40.000,00 dan tertinggi Rp75.000,00.
2.Penyajian Data dalam Bentuk Tabel
Edo menuliskan daftar golongan darah teman-temannya. Edo menanya satu per satu, kemudian menuliskan di sebuah kertas.
Golongan darah dari teman-temannya terdiri atas A, B, AB, dan O. Apabila kita menginginkan data semua siswa tentang golongan darah, maka data tersebut dapat mewakili. Namun, kamu menginginkan beberapa siswa yang memiliki golongan darah A, B, AB, atau O. Oleh karena itu, daftar di atas masih sulit untuk membacanya. Penyajian data sangat penting agar mudah untuk membacanya.
Daftar golongan darah di halaman 213 dapat disajikan dalam berbagai tabel. Apabila bentuk di atas dibuat dalam bentuk tabel dengan memberikan garis kolom dan baris akan menjadi bentuk sebagai berikut.
No. | Golongan Darah | Nama Siswa |
---|---|---|
1. | A | Beni, Arin, Pandu, Zaki, Putri, Ahsin, Mahmud, Ahmad, Shila, Umar, Wali, dan Panji. |
2. | B | Edo, Indah, Ahada, Salma, Aqil, Aroh, dan Muna. |
3. | AB | Lani, Udin, dan Uli. |
4. | O | Siti, Ayu, Rima, Delia, Ali, Rara, Rani, dan Nia. |
Berdasarkan tabel di atas, kamu sangat mudah melihat siapa saja anak yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O. Banyaknya golongan darah juga langsung terlihat, yaitu A, B, AB, dan O. Pada kolom nomor akan menentukan banyaknya golongan darah, yaitu ada 4 golongan darah.
1. Golongan darah A ada 12 anak.
2. Golongan darah B ada 7 anak.
3. Golongan darah AB ada 3 anak.
4. Golongan darah O ada 8 anak.
Apabila daftar golongan darah di atas menginginkan banyak siswa masing-masing golongan darah, maka dapat dibuat tabel berikut.
DAFTAR GOLONGAN DARAH SISWA KELAS V
No. | Golongan Darah | Banyak Siswa (Frekuensi) |
---|---|---|
1. | A | 12 |
2. | B | 7. |
3. | AB | 3 |
4. | O | 8 |
Jumlah | 30 |
Banyaknya siswa yang memiliki golongan darah A, B, AB, dan O terdapat pada kolom banyak siswa atau disebut frekuensi. Tabel dengan kolom frekuensi disebut tabel frekuensi.
Pada tabel frekuensi pada kolom bawah kanan menunjukkan jumlah. Jumlah di sini adalah banyaknya siswa kelas V, yaitu 30 anak. Tabel frekuensi sering digunakan untuk menyajikan data dari kelompok tertentu karena mudah untuk melihat informasi secara keseluruhan. Namun untuk melihat secara detail atau rinci, diperlukan data tambahan.
Asyiknya Mencoba
Hasil penimbangan berat badan siswa kelas V diperoleh hasil sebagai berikut (dalam kg).
30, 35, 40, 42, 38, 45,
40, 35, 40, 42, 45, 38,
45, 30, 35, 40, 45, 40,
38, 35, 42, 40, 45, 40,
45, 40, 38, 40, 45, 40.
Buatlah tabel frekuensi dari data di atas!
Berat Badan | Banyak Siswa |
---|---|
30 | 2 |
37 | 4 |
38 | 4 |
40 | 10 |
42 | 3 |
45 | 7 |
Ada berapa siswa yang memiliki berat badan tertinggi? Siswa yang memiliki berat badan tertinggi
(45 kg) ada 7 anak.
Ada berapa siswa yang memiliki berat badan paling rendah? Siswa yang memiliki berat badan terendah (30 kg) ada 2 anak.
Ada berapa siswa yang memiliki berat badan antara 30 kg dan 40 kg? Siswa yang berat badannya antara 30 kg dan 40 kg (35 kg dan 38 kg) ada 8 anak.
Asyiknya Berlatih
1. Dayu mencatat hasil penjualan buku di koperasi sekolah selama 6 hari. Hari Senin terjual 64 buku, hari Selasa terjual 36 buku, hari Rabu terjual 45 buku, hari Kamis terjual 40 buku, hari Jum’at terjual 60 buku, dan hari Sabtu terjual 30 buku.
Pertanyaan
a. Buatlah tabel frekuensi dari data tersebut!
Hari | Banyak Siswa |
---|---|
Senin | 64 |
Selasa | 36 |
Rabu | 45 |
Kamis | 40 |
Jumat | 60 |
Sabtu | 30 |
b. Hari apakah penjualan buku terbanyak?Hari Senin penjualan buku terbanyak.
SELAMAT BELAJAR