Selasa, 15 November 2022

MATERI AJAR KELAS 5, TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

 

Materi Ajar Kelas 5C, Selasa 15 November 2022

Satuan Pendidikan             : SD AL AZHAR I

Kelas / Semester                 :  5 /1

Tema                                     :  Ekosistem (Tema 5)  

Sub Tema                             :  Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem(Sub Tema 2)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), IPS (3.1, 4.1), PPKN (3.4, 4.4)

Pembelajaran ke                 :  4

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN

1.     Dengan mengamati ketampakan alam di sekeliling, siswa mampu membuat laporan pengamatan ketampakan alam di daerah sekitar secara benar.

2.     Dengan mengumpulkan fakta dan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.

3.     Dengan membaca dengan saksama bacaan tentang kerukunan, siswa mampu mendiskusikan keterkaitan antara hidup rukun dengan persatuan dan kesatuan secara tepat.

 

Pembelajaran 4

 

Membuat Pertanyaan Teks Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor

 

Puncak adalah sebuah kawasan wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

 


 

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.

·         Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat! Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat.

·         Tuliskanlah dengan rapi pertanyaanmu, dan berikan tempat untuk menjawabnya!

·         Tukarkan daftar pertanyaanmu dengan teman lain yang ada di dalam kelas.

·         Jawablah pertanyaan temanmu dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar!

No.

Kata Tanya

Pertanyaan

Jawaban

1.

Apa

Apa nama perkebunan di kawasan Puncak?

Perkebunan di kawasan puncak bernama PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas.

2.

Di mana

Di mana letak kawasan Puncak?

Kawasan Puncak terletk di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

3.

Berapa

Berapa jarak kawasan Puncak dari Jakarta?

Kawasan Puncak berjarak 70 km sebelah selatan Jakarta.

4.

Kapan

Kapan perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun?

Perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.

5.

Mengapa

Mengapa kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan?

Kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan karena  kawasan ini sejuk bahkan cenderung dingin.

6.

Bagaimana

Bagaimana kunjungan wisatawan di kawasan Puncak?

Kunjungan wisatawan di kawasan Puncak selalu ramai.


2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kamu lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!

Saya pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada petengahan bulan Juli tahun 2018. Di kawasan Candi borobudur tampak  sebuah ketampakan buatan yang sangat megah dan indah. Candi ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi serta sarat akan nilai filosofis. Kamipun mulai berjalan mengitari candi lalu mulai naik menuju tingkat paling atas.Dari puncak Borobudur saya dapat menyaksikan ketampakan alam yang berada di sekeliling candi.Bukit-bukit dan pegunungan berbaris seolah-olah mengelilingi candi tersebut, sungguh indah pemandangan di sekitar Candi Borobudur.

 

 

Bersatu Untuk Indonesia Makmur

 

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.

Kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia tentu tidak tersebar secara merata.Hal ini dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya alam tertentu di suatu wilayah. Persebaran sumber daya alam yang tidak merata akan menimbulkan saling ketergantungan antar wilayah untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Agar tidak terjadi perselisihan dalam pemanfaatan sumber daya alam maka dibutuhkan persatuan dan kesatuan.Dengan persatuan dan kesatuan sumber daya alam yang ada dapat dimanfaatkan bersama.


b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Jika saja pengelolaan sumber daya alam tidak mengedepankan persatuan dan kesatuan maka akan menimbulkan beberapa masalah, diantaranya adalah terjadi ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan daerah yang memiliki sedikit sumber daya alam


c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.

Misalnya saja antara Provinsi Aceh dengan Provinsi Lampung.Provinsi Aceh memiliki sumber daya alam Minyak bumi dan Gas Alam yang begitu melimpah sementara Lampung memiliki sumber daya alam yang sedikit.Denggan adanya persatuan dan kesatuan ternyata kekayaan alam Aceh yang melimpah juga dapat dinikmati oleh masyarakat Lampung.

 

Perbandingan Dan Skala 

Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana.

Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak yang sebenarnya. 



Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Rumus Skala


Contoh Soal Dan Pembahasan

1. Perbandingan sederhana dari 250 m : 2 km adalah...

Penyelesaian :

Samakan satuan dari nilai yang dibandingkan ke satuan yang lebih kecil yaitu m lalu sederhanakan dengan membagi angka yang sama.
⇒ 250 m : 2.000 m
⇒ 250  : 2.000  (kedua nilai dibagi 250)
⇒ 1 : 8

2. Perbandingan sederhana dari 3½ : 2¼

Penyelesaian :

Ubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kali kedua nilai dengan KPK penyebut.
⇒ ⁷/₂ : ⁹/₄
⇒ ( ⁷/₂ x 4) : (⁹/₄ x 4)
⇒ 14 : 9

3. Jika perbandingan nilai A dan B adalah 2:5 dan perbandingan nilai B dan C adalah 3:4 maka tentukanlah nilai perbandingan A, B dan C!

Penyelesaian :

Karena dari kedua perbandingan sama-sama ada B, maka samakan B dengan mengali silang maka akan didapat nilai A:B:C

⇒  A : B=2 : 5 (kalikan dengan angka 3)
     B : C=3 : 4 (kalikan dengan angka 5)  
⇒  A : B=6 :15
     B : C=15 : 20
⇒ A : B : C=6 : 15 : 20

4. Perbandingan umur Annisa dan Fatmah adalah 3 : 4. Jika umur Fatmah adalah 16 tahun, maka berapakah umur Annisa?

Penyelesaian :
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990
Gambar Soal Nomer 4

⇒ Umur Annisa=¾ x 16⇒ 12 tahun

5. Perbandingan kelereng Faldi dan kelereng Andi adalah 5 : 7. Jika jumlah kelereng mereka adalah 60 buah, berapakah banyak kelereng Andi?

Penyelesaian :

Karena yang diketahui adalah jumlah kelereng Faldi dan Andi maka angka pembanding yang diketahui juga jumlah angka pembandingnya yaitu 5+7.

⇒ Kelereng Andi= 7   x 60
                                 5+7
⇒ Kelereng Andi= 7  x 60
                                 12
⇒ Kelereng Andi=35 buah

6. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan perempuan pada suatu sekolah adalah 5 : 6. Jika jumlah semua dalam suatu sekolah 440 siswa. Jumlah siswa perempuan....

Penyelesaian :

Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan 5 : 6, dijumlahkan menjadi 11. Jumlah seluruh siswa 440.

⇒ Siswa perempuan=   6   x 440 
                                          5+6
⇒ Siswa perempuan= 6  x 440
                                          11
⇒ Siswa perempuan=240 siswa


7. Jarak rumah Wawan ke sekolah 600 m. Jarak rumah Nino ke sekolah dalam sebuah denah digambar 12 cm. Skala denah tersebut adalah ...

Penyelesaian :
Karena satuan yang biasanya digunakan pada skala adalah cm, ubah jarak sebenarnya ke cm terlebih dahulu (m ke cm turun 2 tangga)=600 x 100=60.000 cm.


⇒ Skala= Jarak pada peta    


                  Jarak sebenarnya  
⇒ Skala=    12 cm    (sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan 12)
                   60.000 cm
⇒ Skala yang digunakan adalah 1 : 5.000

8. Jarak antara kota A dan b adalah 85 km. Apabila kedua kota tersebut digambar pada peta berskala 1 : 1.700.000, maka jarak kota A dan B pada peta adalah.....cm.

Penyelesaian :
Ubah jarak sebenarnya menjadi cm yaitu 85 km=8.500.000 cm.
Tulis skala dalam bentuk pecahan yaitu        1        
                                                                    1.700.000
⇒ Jarak peta=Skala  x  Jarak sebenarnya
⇒ Jarak peta=        1         x  8.500.000
                                    1.700.000
⇒ Jarak peta=5 cm

9. Pada suatu peta yang menggunakan skala 1:400.000 jarak dua buah kota adalah 8cm. Berapakah jarak sebenarnya dari kedua kota tersebut?

Penyelesaian : 
⇒ Jarak sebenarnya=Jarak peta
                                         skala
⇒ Jarak sebenarnya=     8 cm     (ubah ke bentuk perkalian)
                                       1:400.000
⇒ Jarak sebenarnya=8 cm x 400.000
                                                          1
⇒ Jarak sebenarnya=3.200.000 cm (ubah satuan menjadi km) 
⇒ Jarak sebenarnya=32 km


10. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang dibuat gambar model dengan panjang 16cm dan lebar 10cm. Jika skala gambar adalah 1:500, maka luas tanah sebenarnya adalah.... m²

Penyelesaian :
Terlebih dahulu hitunglah masing-masing panjang sebenarnya dan lebar sebenarnya. Ubah ke satuan m lalu hitung luas menggunakan rumus luas persegi panjang.

⇒ Panjang sebenarnya=panjang gambar
                                                 skala
⇒ Panjang sebenarnya= 16 cm 
                                               1:500
⇒ Panjang sebenarnya=16 cm x 500=8.000 cm=80 m


⇒ Lebar sebenarnya= panjang gambar
                                             skala
⇒ Lebar sebenarnya=  10 cm 
                                         1:500
⇒ Lebar sebenarnya=10 cm x 500=5.000 cm=50 m


⇒ Luas sebenarnya=panjang x lebar
⇒ Luas sebenarnya=80 m x 50 m=4.000 m²

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KELAS 5

  Hari : Jumat, 26 Mei 2023, (PENGAYAAN)  Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran...