Materi Ajar kelas 5C, Rabu 16 November 2022
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR I
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem (Tema 5)
Sub Tema : Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem(Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.7, 4.7), SBdP (3.3, 4.3), IPA (3.5, 4.5)
Pembelajaran ke : 5 dan 6
Alokasi waktu : 1 Hari
Pendahuluan ( 10 Menit )
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
A. TUJUAN
1. Dengan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pamflet yang berisi penjelasan simbiosis secara benar.
2. Dengan mengumpulkan fakta dan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang salah satu hubungan khas antarmakhluk hidup secara baik dan benar.
3. Dengan mengenal tarian Turuk Langgai, siswa mampu mempraktikkan beberapa gerakan tari disertai dengan properti tari secara benar.
Kegiatan Inti (45 menit)
Pembelajaran 5
Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Semua makhluk hidup memiliki kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya. Di sekeliling kita, dijumpai banyak bentuk saling kebergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan, juga dengan komponen tak hidup lain.
Terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.Perhatikan bagan di berikut ini sebagai penjelasan terhadap jenis simbiosis tersebut.
- Kerbau mendapatkan keuntungan karena kutunya berkurang, sedangkan burung jalak mendapatkan makanan.
- Tumbuhan anggrek mendapat keuntungan karena dapat menumpang hidup pada pohon, dan selama menumpang tersebut, anggrek tidak merugikan pohon.
- Benalu dapat hidup subur karena menghisap zat makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya sehingga pohon mangga lama-lama akan menjadi kurus dan lambat laun bisa mati.
Ayo Berkreasi
Sekarang,
buatlah sebuah pamflet tentang simbiosis. Pastikan penjelasan mengenai
simbiosis dalam pamflet harus dapat dimengerti oleh
pembacanya.Perhatikan petunjuk pengerjaan pamflet berikut.
- Definisi dari tiap-tiap jenis simbiosis.
- Cari contoh dari tiap-tiap jenis simbiosis dan penjelasannya
- Gambar dari contoh tiap-tiap jenis simbiosis
- Perhatikan salah satu pamflet berikut.
Pamflet
adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak yang
dicantumkan pada selembar kertas di satu permukaan atau pada kedua
permukaan. Jika dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan
seperempatnya, akan terlihat lebih kecil (dapat juga disebut selebaran).
Berikut ini salah satu pamflet mengenai hubungan makhluk hidup dalam ekosistem.
Di dalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan tambahan untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan.Pamflet pendidikan berisi tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti contohnya acara seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya. Pamflet merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.
Pembelajaran 6
Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
"Gotong
royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama,
perjuangan bantu-membantu sesama.Amal semua buat kepentingan semua,
keringat semua buat kebahagiaan semua."Demikianlah penggalan pidato
Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni
1945 untuk menjadikan gotong royong sebagai landasan semangat membangun
bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang
bertujuan mencapai kemajuan bersama.Gotong royong telah menjadi
kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu.Budaya ini telah ada
sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan
masyarakat.Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan
tolong-menolong.Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional
terus terbina.
Contoh semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.
Melakukan Wawancara
Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa.Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu.Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua.Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.Catatlah hasil wawancaramu pada tabel seperti contoh berikut ini.
Penutup ( 15 Menit )
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu guru berikan kesempatan untuk bertanya.
Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini dengan menjawab soal berikut ini :
Latihan
- Apa yang dimaksud dengan simbiosis komensalisme berikan contohnya!
- Kutu dapat menyebabkan gatal pada kucing. Hubungan antara kutu dan kucing tersebut merupakan simbiosis …
- Membantu saudara atau orang tua yang sedang repot merupakan wujud semangat gotong royong di lingkungan …
- Perhatikan paragraf berikut!
Sisa makanan dan bakteri di gigi sering kita jumpai. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan tersebut dapat mengikis gigi. Keduanya akan membentuk satu titik yang tidak terlihat. Semakin lama, titik tersebut akan membentuk lubang gigi. Oleh karena itu, menggosok gigi sesudah makan sangat penting untuk dilakukan.
Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut adalah …. - sebutkan contoh simbiosis Parasitisme!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar