Kamis, 23 Februari 2023

MATERI AJAR KELAS 5

 Satuan Pendidikan  : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung 

Kelas / Semester  : V (Lima) / 2

Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita

Sub Tema 1 : Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran : 1

Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA 


TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.

2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik.

3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.



Assalamualaikum semuanya.

Kali ini Bu guru akan menampilkan blogger untuk materi yang akan kita bahas .

Blogger ini Bu guru buat agar ananda dirumah dapat mempelajari kembali dan juga bagi yang tertinggal dapat menyatat atau mempelajari yang kelupaan.

Mari kita mulai!


 Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan kita akan belajar mengamati dan berdiskusi tentang peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi. Melakukan pengamatan untuk mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik, dan berdiskusi mengenai peta pikiran manfaat air bagi manusia. Simak pembelajarnnya berikut ini dengan baik.
Peduli Lingkungan
Perhatikan gambar-gambar di atas.
1. Fakta-fakta apa sajakah yang ditunjukkan gambar-gambar tersebut?
Gambar atas menunjukkan lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar bawah menunjukkan anakanak usia SD sedang menanam bibit tanaman
2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa?
Lingkungan berguna bagi manusia, karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia
3. Apakah keuntungan yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan?
Jika manusia menjaga lingkungan, semua kebutuhan hidup manusia dapat tercukupi.
4. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?
Jika manusia tidak menjaga lingkungan, lingkungan menjadi rusak dan tidak memberikan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia
5. Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitarmu?
Kondisi lingkungan sekitar saya cukup baik. Masyarakat sudah peduli terhadap lingkungan sekitar, dan hal ini menjadikan kehidupan dilingkunganku menjadi nyaman

Salah satu unsur penting dalam lingkungan adalah air. Air sangat diperlukan bagi kehidupan di bumi. Apa saja manfaat air?

Ayo Membaca
Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer
Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.
Warga Waborobo
Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut. (Diolah dari sumber: nationalgeographic.co.id dengan perubahan)

Kamu telah membaca bacaan ”Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer
  1. Peristiwa apa yang terjadi? Warga di sebuah desa harus menempuh perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
  2. Di mana peristiwa itu terjadi? Peristiwa itu terjadi di Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara
  3. Apa penyebab peristiwa itu terjadi? Peristiwa itu terjadi karena Kelurahan Waborobo terletak di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat.

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di bumi? Ayo, diskusikan.

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu (4-5 orang).
1. Apa fungsi air bagi manusia?
Air diperlukan oleh manusia untuk minum, memasak, membersihkan tubuh, mencuci bahan makanan dan pakaian
2. Apa fungsi air bagi hewan?
Fungsi air bagi hewan antara lain untuk minum, membersihkan diri, dan sebagai tempat hidup hewan air
3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?
Air diperlukan oleh tanaman dalam proses fotosintesis.
Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada kelompok-kelompok lain.
Fungsi Air Bagi Manusia Hewan dan Tumbuhan
Ayo Renungkan
Pengetahuan apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang peristiwa atau tindakan dalam bacaan, manfaat air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.
Keterampilan apa yang kamu latih hari ini?
Keterampilan yang saya pelajari hari ini adalah menuliskan peristiwa atau tindakan dalam
bacaan, dan membuat peta pikiran manfaat. Air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.
Sikap apa yang kamu kembangkan hari ini?
Hari ini saya belajar sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain, dan sikap cermat

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dalam keluarga. Kegiatan-kegiatan itu dapat ditulis berdasarkan urutan peristiwa, misalnya dari bangun tidur sampai saat akan tidur lagi. Tulislah hasilnya dalam tabel seperti berikut.
No.Kegiatan yang Membutuhkan Air dalam Keluargaku
1.Wudlu
2.Mandi dan menggosok gigi
3.Mencuci bahan makanan
4.Memasak
5.Menyiram tanaman
6.Mencuci motor dan mobil
7.Minum
8.Mencuci pakaian
9.Membersihkan kaca jendela
10.Membersihkan kandang hewan peliharaan


Matematika.

1. Mencari Volume Tabung

Tabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut.(wikipedia)

Banyak sekali benda-benda di sekitar kita yang bentuknya seperti tabung atau silinder. Misalnya saja kaleng pengemas bahan kebutuhan rumah tangga. Drum minyak juga merupakan bangun silinder. Sifat-sifat tabung adalah memiliki 3 sisi, yaitu 2 sisi berbentuk lingkaran dan 1 sisi
lengkung, memiliki 2 rusuk; dan tidak memiliki titik sudut.

Prinsip utama untuk menghitung volume bangun ruang/bangun sederhana adalah luas alas dikali dengan tinggi. Rumus tersebut sangat tepat untuk digunakan pada balok, kubus, dan juga tabung. Tabung memiliki bentuk alas (Bagian bawah) dan tutup (bagian atas) berupa lingkaran Jadi untuk mendapatkan volume atau isi tabung/silinder pertama-tama kita harus menghitung luas alasnya setelah itu tinggal kita kalikan dengan tinggi tabung tersebut.

Tabungku


Alas tabung berbentuk lingkaran. Jadi, formulanya sebagai berikut.

Volume tabung = Luas alas x Tinggi
Volume tabung = Luas lingkaran x Tinggi
Volume tabung = πr²t

Keterangan
V adalah volume tabung
r adalah jari-jari alas tabung
t adalah tinggi tabung adalah nilai perbandingan keliling dan diameter lingkaran yang besarnya mendekati 22/7 atau 3,14

Catatan :
Keliling Lingkarang = 2πr
Diameter = 2r
Mencari tinggi tabung = V/πr²

Asyiknya Mencoba
Hitunglah volume tabung di bawah ini!
Soal nomor 1 dan 2 gunakan = 22/7 sedangkan soal nomor 3 dan 4 gunakan 3,14.

Soal Tabung
No.JawabanNo.Jawaban
1.Diketahui :
r = 7 cm
t = 19 cm
π = 22/7
Volume = πr²t =22= 7 x 7 x 19
7
= 154 x 19 
= 2.926 cm³
3.Diketahui :
r = 10 cm
t = 18 cm
π = 3,14
Volume = πr²t = 3,14 x 10 x 10 x 18
= 314 x 100 x 18
= 314 x 18
= 5.652 cm³
2.Diketahui :
d = 14, r = 7 cm
t = 21 cm
π = 22/7
Volume = πr²t =22= 7 x 7 x 21
7
= 154 x 21
= 3.234 cm³
4.Diketahui :
d = 20, r = 10 cm
t = 15 cm
π = 3,14
Volume = πr²t
= 3,14 x 10 x 10 x 15
= 3,14 100 x 15
= 314 x 15
= 4.710 cm³


Asyiknya Mencoba
Kerjakan soal cerita di bawah ini!

1. Keliling alas sebuah tabung adalah 44 cm. Jika tinggi tabung 30 cm, tentukan volumenya!
Diketahui :
Keliling = 44 cm
Tinggi = 30 cm
Keliling alas = 44
2πr = 44

2 x22x r = 44
7
r = 44 x7
44

r = 7 cm
Volume = πr²t

22x 7 x 7 x 30
7

= 4.620 cm³

2. Sebuah tabung dengan tinggi 14 cm volumenya 2.156 cm³. Tentukanlah diameter dan keliling alas tabung!
Diketahui :
Tinggi -= 14 cm
Volume = 2.156 cm³

Volume tabung = πr²t

2.156 =22x r² x t
7
2.156 =22x r² x 14
7

2.156 = r² x 44
r² = 2.156/44
r² = 49 , r = 7 cm

Diameter = 2 x r = 2 x 7 = 14
Keliling alas tabung = 2πr = 2 x 22/7 x 7 = 44 cm

3. Volume sebuah tabung adalah 693 cm³. Jika diameter tabung 7 cm, tentukanlah tinggi tabung ini!
Diketahui :
Volume = 693 cm³
Diameter = 7 cm. r = 3,5 cm

Volume tabung = πr²t

693 =22x 3,5² x t
7
693 =22x 12,25 x t
7

693=38,5 x t
t = 693/38,5
t = 18 cm

4. Ibu Lani membeli 4 kaleng susu kaleng yang berbentuk tabung. Setiap kaleng susu memiliki panjang jari-jari alas 4 cm dan tinggi 9 cm. Berapa volume susu yang dibeli ibu Lani?
Diketahui :
r = 4 cm
t = 9 cm

Volume kaleng = πr²t
Volume kaleng = 3,14 × 4² × 9
Volume kaleng = 452,16 cm³
Karena ada 4 kaleng yang dibeli oleh ibu Lani, maka total keseluruhan volume susunya adalah 4 × 452,16 cm³ = 1.808,64 cm³.

5. Sebuah drum minyak berbentuk tabung. Drum tersebut memiliki diameter alas 50 cm. Jika tinggi drum 120 cm, berapa liter volume minyak di dalam drum tersebut?
Diketahui :
Diameter 50 cm, r = 25 cm
Tinggi = 120 cm

Volume = πr²t
= 3,14 × 25 × 25 × 120 cm³
= 235.500 cm³
= 235,5 liter
Jadi volume minyak di dalam drum tersebut adalah 235,5 liter.


2. Mencari volume bola


Contoh soal

1. Fiketahui :

d = 2m maka r = 1 m

Jawab:

V = ⁴⁄₃πr³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 1³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 1
V = 4,19 m³


Hitunglah volume pada bola yang mempunyai diameter 14 cm.
d = 14 cm maka r = 7 cm
Jawab:

V = ⁴⁄₃πr³
V = ⁴⁄₃ x 22/7 x 7³
V = ⁴⁄₃ x 22/7 x 343
V = ⁴⁄₃ x 1.078 cm³
v = = 1437,34 cm³

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KELAS 5

  Hari : Jumat, 26 Mei 2023, (PENGAYAAN)  Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran...