Hari/tanggal : Selasa, 28 Februari 2023
Tema : Lingkungan Sahabat Kita (Tema 8)
Sub Tema : Manusia dan Lingkungan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.
Pembelajaran ke : 5
Simak video berikut ini !!!
TUJUAN :
1. Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar.
2. Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pengertian tangga nada mayor.
3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan pengaruh siklus air terhadap makhluk hidup.
4. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi urutan.peristiwa dalam teks fiksi dengan benar.
Beni dan teman-teman berlatih menyanyikan lagu “Kampungku”. Inilah notasi
lagu itu.
Perhatikan notasi lagu “Kampungku” berikut.
1. Apa judul lagu itu?
2. Siapa penciptanya?
3. Apa nada dasar yang digunakan?
4. Apa tanda tempo yang digunakan?
5. Apa arti tanda tempo itu?
6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah teks lagu itu?
1. Berlatihlah menyanyikan lagu “Kampungku”. Berlatihlah terus hingga kamu
dapat bernyanyi dengan baik. Perhatikan pula pengucapan syair lagu agar
jelas dan dipahami oleh pendengar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-
temanmu. Gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi.
2. Nyanyikan lagu “Kampungku” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan
mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.
Tangga nada merupakan susunan berjenjang, misalnya do, re, mi, fa, sol, la,
si, do. Dalam seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis
terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi lagi dalam dua jenis
tangga nada, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.
Tangga nada diatonis mayor memiliki interval (jarak nada) 1 1 1⁄2 1 1 1 1⁄2.
Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis mayor berikut.
Jika digambar, berikut tangga nada diatonis mayor.
Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut.
a. Bersifat riang gembira.
b. Bersemangat.
c. Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup
kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri
nada 1 (do).
Kamu telah membaca teks “Tangga Nada Diatonis Mayor”.
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat
perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu.
Dapatkah kamu membayangkan suasana kampung tersebut?
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Dari mana asal persediaan air sungai?
2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?
3. Apa saja manfaat air sungai?
4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat
terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu.
5. Faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?
Bacalah hasil diskusimu di hadapan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.
Adakah perbedaan jawaban di antara kelompok-kelompok diskusi di kelasmu?
Jika ada, bagaimana kalian menanggapi perbedaan itu?
Kamu telah membaca cerita “Bunga Paling Berharga”.
1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.
2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita.
3. Tulislah kembali cerita tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dengan
ejaan yang benar.
Bacalah tulisanmu, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.
TETAP SEMANGAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar