Hari/tanggal : Rabu, 1 Maret 2023
Tema : Lingkungan Sahabat Kita (Tema 8)
Sub Tema : Manusia dan Lingkungan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.
Pembelajaran ke : 6
Simak video berikut ini !!!
TUJUAN :
1. Melalui kegiatan membaca, siswa mampu mengidentifikasi keragaman sosial budaya dalam masyarakat.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi peristiwa pada teks.
3. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keragaman yang ditunjukkan dalam sebuah teks.
4. Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar.
5. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menjelaskan pengertian tangga nada minor.
Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.
1. Tulislah peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional
Anak”.
2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?
4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan
permainan tradisional?
Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu.
Amati baik-baik notasi lagu “Syukur” ini.
1. Apa judul lagu itu?
2. Siapa penciptanya?
3. Apa nada dasar yang digunakan?
4. Apa tanda tempo yang digunakan?
5. Apa arti tanda tempo itu?
6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?
hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Resapi isi syair lagu. Nyanyikan
dengan penuh perasaan ungkapan syukur. Perhatikan pengucapan syair
lagu agar jelas dan dipahami pendengar.
2. Ceritakan isi syair lagu “Syukur”.
3. Nyanyikan lagu “Syukur” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana
yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.
1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga
nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah
Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.
Berikut tangga nada diatonis minor.
Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
1. Lagu bersifat sedih.
2. Lagu kurang bersemangat.
3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup
kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).
Matematika
Jaring-jaring adalah rangkaian sisi suatu bangun ruang yang dibuka atau direbahkan. .Jaring-jaring bangun ruang merupakan beragam variasi kerangka dari sebuah bangun ruang. Kerangka ini terdiri dari gabungan bangun datar yang apabila disusun lagi akan kembali membentuk bangun ruang tersebut.
1. Jaring-Jaring Balok
Jaring-jaring balok merupakan gabungan dari bidang datar segi empat yang apabila dirangkaikan akan membentuk sebuah balok. Balok sedikitnya memiliki dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan hanya sisi-sisinya yang berhadapan yang memilki bentuk dan ukuran yang sama.
Jaring-jaring balok pada dasarnya sama seperti jaring-jaring kubus. Hanya pada balok dapat saja seluruh sisinya tidak berbentuk persegi tapi gabungan antara persegi dengan persegi panjang atau persegi panjang dengan persegi panjang. Jaring-jaring balok lebih banyak variasinya daripada jaring-jaring kubus. Jaring-jaring balok ada 54 macam. Berikut ini beberapa contoh jaring-jaring balok.
2. Jaring-Jaring kubus
kubus merupakan bangun ruang istimewa karena dibentuk oleh enam sisi bangun datar yang kongruen (persegi) sehingga jaring-jaringnya pun akan merupakan rangkaian enam buah persegi.
Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi. Cara membuat jaring-jaring kubus, yaitu dengan membuka kubus pada rusuk-rusuknya. Memiliki 6 sisi, memiliki 8 titik sudut, memiliki 12 rusuk, dan semua sisinya berbentuk persegi. Perhatikan gambar berikut ini.
Ada sebelas macam variasi dari jaring-jaring kubus, masing-masing terdiri dari enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan. Kesebelas jaring-jaring kubus tersebut antara lain sebagai berikut.
Berikut ini video tentang jaring-jaring bangun ruang
Uji Kompetensi
Perhatikan gambar berikut! Sebutkan gambar yang berupa jaring-jaring kubus!
Gambar yang merupakan jaring-jaring kubus adalah : a, c, d, dan e.
2. Apabila jaring-jaring bangun berikut dilipat atau dipasang hingga membentuk bangun ruang, sisi yang dilabel nomor berapakah yang berhadapan dengan sisi yang berwarna biru?
a. 2, b. 1, c. 4, dan d. 3.
3.Gambar yang mana sajakah berupa jaring-jaring balok?
Gambar yang merupakan jaring-jaring balok adalah c.
4. Apabila jaring-jaring bangun berikut dilipat atau dipasang, ada sisi-sisi yang saling bertumpuk. Sisi-sisi nomor berapakah itu?
Sisi sisi yang saling bertumpuk adalah :a. 5 dan 6 b. 1 dan 2 c. 5 dan 6.
SELAMAT BELAJAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar