Rabu, 01 Maret 2023

MATERI AJAR KELAS 5

 Hari/tanggal           : Rabu, 1 Maret 2023

Tema                         :  Lingkungan Sahabat Kita  (Tema 8)

Sub Tema                  :  Manusia dan Lingkungan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.

Pembelajaran ke        :  6


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

       1.       Melalui kegiatan membaca, siswa mampu mengidentifikasi keragaman sosial budaya dalam masyarakat.

       2.       Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi peristiwa pada teks.

       3.       Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keragaman yang ditunjukkan dalam sebuah teks.

       4.       Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar.

       5.       Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menjelaskan pengertian tangga nada minor.












Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional

Anak”.


2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?


3. Sikap apa yang dapat saya tiru dari teks?


4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan

    permainan tradisional?





Tugas

1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.
    a. Apa yang kamu rasakan?
    b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet
    jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu?


3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu.
   Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu.



Amati baik-baik notasi lagu “Syukur” ini.






1. Apa judul lagu itu?

2. Siapa penciptanya?

3. Apa nada dasar yang digunakan?

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

5. Apa arti tanda tempo itu?

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?





1. Berlatihlah menyanyikan lagu “Syukur”. Berlatihlah terus berulang-ulang
    hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Resapi isi syair lagu. Nyanyikan
    dengan penuh perasaan ungkapan syukur. Perhatikan pengucapan syair
    lagu agar jelas dan dipahami pendengar.
2. Ceritakan isi syair lagu “Syukur”.
3. Nyanyikan lagu “Syukur” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana
    yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.



Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 1⁄2 1 1 1 1⁄2 1
1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga
    nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah
    tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.
    Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.


     Berikut tangga nada diatonis minor.


Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

1. Lagu bersifat sedih.

2. Lagu kurang bersemangat.

3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup

    kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).


Matematika


Jaring-jaring adalah rangkaian sisi suatu bangun ruang yang dibuka atau direbahkan. .Jaring-jaring bangun ruang merupakan beragam variasi kerangka dari sebuah bangun ruang. Kerangka ini terdiri dari gabungan bangun datar yang apabila disusun lagi akan kembali membentuk bangun ruang tersebut.

1. Jaring-Jaring Balok
Jaring-jaring balok merupakan gabungan dari bidang datar segi empat yang apabila dirangkaikan akan membentuk sebuah balok. Balok sedikitnya memiliki dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan hanya sisi-sisinya yang berhadapan yang memilki bentuk dan ukuran yang sama.

Jaring Balok


Jaring-jaring balok pada dasarnya sama seperti jaring-jaring kubus. Hanya pada balok dapat saja seluruh sisinya tidak berbentuk persegi tapi gabungan antara persegi dengan persegi panjang atau persegi panjang dengan persegi panjang. Jaring-jaring balok lebih banyak variasinya daripada jaring-jaring kubus. Jaring-jaring balok ada 54 macam. Berikut ini beberapa contoh jaring-jaring balok.

Jaring Balok


2. Jaring-Jaring kubus
kubus merupakan bangun ruang istimewa karena dibentuk oleh enam sisi bangun datar yang kongruen (persegi) sehingga jaring-jaringnya pun akan merupakan rangkaian enam buah persegi.

Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi. Cara membuat jaring-jaring kubus, yaitu dengan membuka kubus pada rusuk-rusuknya. Memiliki 6 sisi, memiliki 8 titik sudut, memiliki 12 rusuk, dan semua sisinya berbentuk persegi. Perhatikan gambar berikut ini.

Jaring Kubus

Ada sebelas macam variasi dari jaring-jaring kubus, masing-masing terdiri dari enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan. Kesebelas jaring-jaring kubus tersebut antara lain sebagai berikut.

Jaring Kubus

Berikut ini video tentang jaring-jaring bangun ruang

Uji Kompetensi
Perhatikan gambar berikut! Sebutkan gambar yang berupa jaring-jaring kubus!

Gambar yang merupakan jaring-jaring kubus adalah : a, c, d, dan e.

2. Apabila jaring-jaring bangun berikut dilipat atau dipasang hingga membentuk bangun ruang, sisi yang dilabel nomor berapakah yang berhadapan dengan sisi yang berwarna biru?

Soal2

a. 2, b. 1, c. 4, dan d. 3.

3.Gambar yang mana sajakah berupa jaring-jaring balok?

Soal 3

Gambar yang merupakan jaring-jaring balok adalah c.

4. Apabila jaring-jaring bangun berikut dilipat atau dipasang, ada sisi-sisi yang saling bertumpuk. Sisi-sisi nomor berapakah itu?

Soal 4


Sisi sisi yang saling bertumpuk adalah :a. 5 dan 6 b. 1 dan 2 c. 5 dan 6.


SELAMAT BELAJAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KELAS 5

  Hari : Jumat, 26 Mei 2023, (PENGAYAAN)  Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran...