Kamis, 02 Maret 2023

MATERI AJAR KELAS 5

 Hari/tanggal           : Kamis, 2 Maret 2023

Tema                         :  Lingkungan Sahabat Kita  (Tema 8)

Sub Tema                  :  Perubahan Lingkungan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.

Pembelajaran ke        :  1


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

1         1.     Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi                        dengan benar.

           2.   Melalui kegiatan melakukan pengamatan dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang                                mempengaruhi siklus air dengan benar.

     3.  Melalui kegiatan mencoba, siswa mampu membuat kesimpulan tentang terjadinya air tanah dan air permukaan








Kamu telah membaca teks ”Siklus Air Tanah”. Peristiwa apa yang terdapat pada
teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.






Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah proses terjadinya air tanah.

    Proses terjadinya air tanah:


2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah.

    Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah:

3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah.

    Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:


Bacalah hasil diskusimu, lalu serahkan kepada Bapak/Ibu Guru.


















1. Tulislah hasil pengamatan dan analisis kalian. Kemudian, ceritakan hasil

    diskusi kelompokmu pada kelompok lain.

2. Dari hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air

    permukaan.





Matematika


Jaring-jaring adalah rangkaian sisi suatu bangun ruang yang dibuka atau direbahkan. .Jaring-jaring bangun ruang merupakan beragam variasi kerangka dari sebuah bangun ruang. Kerangka ini terdiri dari gabungan bangun datar yang apabila disusun lagi akan kembali membentuk bangun ruang tersebut.

1. Jaring-Jaring Balok
Jaring-jaring balok merupakan gabungan dari bidang datar segi empat yang apabila dirangkaikan akan membentuk sebuah balok. Balok sedikitnya memiliki dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan hanya sisi-sisinya yang berhadapan yang memilki bentuk dan ukuran yang sama.

Jaring Balok


Jaring-jaring balok pada dasarnya sama seperti jaring-jaring kubus. Hanya pada balok dapat saja seluruh sisinya tidak berbentuk persegi tapi gabungan antara persegi dengan persegi panjang atau persegi panjang dengan persegi panjang. Jaring-jaring balok lebih banyak variasinya daripada jaring-jaring kubus. Jaring-jaring balok ada 54 macam. Berikut ini beberapa contoh jaring-jaring balok.

Jaring Balok


2. Jaring-Jaring kubus
kubus merupakan bangun ruang istimewa karena dibentuk oleh enam sisi bangun datar yang kongruen (persegi) sehingga jaring-jaringnya pun akan merupakan rangkaian enam buah persegi.

Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi. Cara membuat jaring-jaring kubus, yaitu dengan membuka kubus pada rusuk-rusuknya. Memiliki 6 sisi, memiliki 8 titik sudut, memiliki 12 rusuk, dan semua sisinya berbentuk persegi. Perhatikan gambar berikut ini.

Jaring Kubus

Ada sebelas macam variasi dari jaring-jaring kubus, masing-masing terdiri dari enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan. Kesebelas jaring-jaring kubus tersebut antara lain sebagai berikut.

Jaring Kubus

SELAMAT BELAJAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR KELAS 5

  Hari : Jumat, 26 Mei 2023, (PENGAYAAN)  Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 3 : Manusia dan Benda di Lingkungannya, Pembelajaran...